Thursday, August 12, 2010

Marketing plan

a.Product

O-Resto menyajikan menu makanan organic dengan kualitas bahan yang alami dan segar karena diambil langsung dari kebun sayuran dan buah. Kesegaran dan kealamiannya terjamin dengan didukung suasana sejuk area perkebunan yang berlokasi di Kalasan.
Dengan lahan seluas 1500m2 O-resto menyediakan dua jenis ruang. Yang pertama adalah ruang utama seluas 500m2 yang dapat digunakan untuk acara – acara besar. Sedangkan jenis kedua menawarkan suasana yang lebih santai dengan nuansa alam dengan lesehan di dalam gazebo.
Walaupun keduanya terkesan berbeda, tetapi kedua jenis ruang tersebut memiliki kesamaan yaitu suasana back to nature yang memberikan suasana alam terbuka bagi para pelanggan. Sehingga didalam mendesain tata ruang, resto ini akan memberikan space lahan yang cukup besar untuk pembangunan taman dengan suasana persawahan. Ditambah dengan melihat lingkungan disekitar O-Resto yang masih berupa lahan persawahan terbuka. Dengan melihat kondisi dan tata ruang yang akan dibuat, diharapkan konsumen dapat merasakan menikmati hidangan dengan kesan berada diruang terbuka hijau. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan merasa lebih nyaman dan dapat melepaskan kepenatan.

b.Price

Target pasar untuk resto ini adalah masyarakat menengah atas dan memiliki hobi kuliner. Meskipun ditujukan untuk masrakat menengah keatas, harga yang ditawarkan dalam resto ini bervariasi sesuai menu makanannya. Selain itu, resto ini akan menawarkan harga-harga paket pada even-even tertentu semisal, paket bulan ramadhan, paket hari besar keagamaan, paket merdeka ataupun paket untuk acara keluarga semisal ulang tahun. Selain itu, resto ini juga masih menawarkan pelayanan delivery. Untuk harga menu regular, rincian dapat dilihat pada lampiran.

c.Promotion

Grand launching O-Resto sebagai restoran berkonsep alam perkebunan diadakan dalam rangka media promosi awal yang menandakan secara resmi beroperasinya salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi.
Sarana periklanan lain yaitu pemasangan baliho di sepanjang jalan utama Klaten yang merupakan jalur penghubung antara 2 buah kota modern yaitu Solo dan Jogja. Selain itu, dalam bentuk brosur yang dibagikan dapat pula menjadi promosi yang efektif untuk menjadi top 10 of culinary spot.

d.Lokasi

• Dijalur utama Jogja – Solo km16,tepatnya didaerah Kalasan, Prambanan
• Luas daerah diperkirakan mencapai 1,5 hektar, guna membangun Gazebo yang mempercantik suasana dengan taman-taman khas yang membuat udara lebih segar
• Dengan ruang berupa 1 bangunan utama dan 20 Gazebo.


No comments:

Post a Comment