Thursday, August 12, 2010

BEP

Total Investasi = Rp1.361.377.500


Pendapatan

Pendapatan rata-rata per bulan = Rp 70.000.000,-
Pendapatan share produk per bulan = Rp 5.000.000,-
Pendapatan sponsor per bulan = Rp 10.000.000,-

Total = Rp 85.000.000,-

Pengeluaran

Biaya pengeluaran per bulan

- Gaji bagian House Keeping = Rp 11.750.000,-
o Cuci piring Rp 750.000 x 6 = Rp 4.500.000
o Cleaning service Rp 750.000 x 8 = Rp 6.000.000
o Kepala HK = Rp 1.250.000

- Gaji bagian food and beverage = Rp 26.000.000,-
o Penyimpanan Rp 750.000 x 2 = Rp 1.500.000
o Pelayan Rp 750.000 x 12 = Rp 8.000.000
o Delivery service Rp 750.000 x 3 = Rp 2.250.000
o Purchaser Rp 750.000 x 2 = Rp 1.500.000
o Asisten koki Rp 1.250.000 x 5 = Rp 6.250.000
o Kepala Koki = Rp 2.000.000
o Kepala pelayan = Rp 1.500.000
o Kepala Food and beverage = Rp 2.000.000
o Service manager = Rp 1.500.000

- Gaji bagian Finance = Rp 6.000.000,-
o Kasir Rp 750.000 x 2 = Rp 1.500.000
o Akuntan = Rp 1.000.000
o Finance manager = Rp 1.500.000
o Manager Restoran = Rp 2.000.000

- Gaji bagian Marketing = Rp 4.500.000,-
o Surveyor Rp 750.000 x 2 = Rp 1.500.000
o Public Relationship Rp 750.000 x 2 = Rp 1.500.000
o Marketing manager = Rp 1.500.000

- Biaya operasional = Rp 8.500.000,-
o Listrik = Rp 3.000.000
o Telephone = Rp 500.000
o Air = Rp 1.000.000
o Bensin = Rp 1.000.000
o Keperluan lain = Rp 3.000.000

- Biaya bahan makanan = Rp 5.000.000,-

Total = Rp 61.750.000,-


Rekapitulasi

Pendapatan = Rp 85.000.000,-
Pengeluaran = Rp 61.750.000,-
Keuntungan per bulan = Rp 23.250.000,-

BEP

Total invertasi / Keuntungan = Rp 1.361.377.500 / 23.250.000
= 59 bulan atau 4tahun 11 bulan

Denah Tempat




Keterangan:
1. Area Parkir
2. Cleaning Service
3. Gudang Peralatan
4. Dapur
5. Gudang Material
6. Hall Area
7. Kasir
8. Kantor
9. Toilet
10. Gazebo
11. Taman
12. Toilet

Organisation plan




Kriteria Para Pekerja:

a. House Keeping:

Cuci Piring : Mencuci peralatan memasak dan peralatan makan.

- Usia minimal 17 tahun
- Wanita / Pria
- Cinta akan kebersihan

Cleaning Service : Membersihkan meja tamu, membersihkan lantai, dan membersihkan keseluruhan restoran.

- Usia minimal 17 tahun & maksimal 35 tahun
- Wanita / Pria
- Cekatan

 Kepala HK : Mengawasi dan mengontrol kinerja Tukang cuci piring dan Cleaning Service agar restoran tampak bersih dan menarik.

- Usia maksimal 35 tahun
- Pria / Wanita
- Pengalaman kerja 2 tahun
- Tanggung Jawab
- Tegas
- Leadership


b. Food & Beverage

 Penyimpanan : Menyimpan serta menata barang-barang kebutuhan untuk makanan, minuman serta bahan-bahan yang dibutuhkan restaurant dengan teratur dan rapi.

- Usia minimal 17 tahun
- Pria
- Jujur

 Pelayanan : Melayani pelanggan sebaik mungkin.

- Usia minimal 17 tahun & maksimal 25 tahun
- Wanita
- Penampilan menarik
- Ramah, murah senyum
- Cekatan

 Delivery Service : Mengantar pesanan kepada pelanggan dengan cepat dan tepat.

- Pria
- Punya SIM A & SIM C
- Cekatan
- Suka kerja lapangan
- Pengalaman touring

 Asisten Koki : Memasak makanan.

- Pria / Wanita
- Pendidikan minimal SMK Boga
- Tahu banyak makanan khas

 Kepala Koki : Mengawasi dan mengontrol para koki sehingga makanan yang disediakan dapat memuaskan para pelanggan dan tamu yang dating serta mencari resep-resep baru untuk mengembangkan rasa serta variasi makanan.

- Pengalaman kerja 4 tahun

 Kepala Pelayan : Mengawasi dan mengontrol kinerja Pelayan dan Petugas Delivery Service agar semua kebutuhan tamu dan pelanggan dapat tersedia dengan baik sehingga pelanggan dan tamu puas.

- Pengalaman kerja 2 tahun
- Berkharisma
- Ramah dan tegas
- Tanggung Jawab

 Purchaser : Melakukan survey lapangan dan membeli barang-barang kebutuhan restaurant dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau.

- Pendidikan SMK / D1 manajemen
- Pintar negoisasi & komunikatif
- Jujur

 Kepala Food & Beverage : Mengawasi dan mengontrol kinerja Purchaser dan Bagian penyimpanan sehingga bahan-bahan yang dibutuhkan restaurant seperti makanan dan minuman serta barang-barang lainnya dapat terjaga dan tetap berkualitas baik.

- Pengalaman kerja 4 tahun
- Tegas, jujur dan berwibawa

 Service manager : Mengawasi dan mengontrol jalannya seluruh service atau pelayanan terhadap pelanggan supaya pelanggan terpuaskan oleh service dari restaurant.

- Pendidikan D3 manajemen
- Ulet
- Pengalaman kerja 2 tahun
- Jujur

c. Marketing

 Surveyor : Mensurvey kebutuhan pasar untuk rencana pengembangan dan evaluasi restaurang supaya lebih berkembang.

- Pria / Wanita
- Pendidikan SMA / sederajat
- Jiwa petualang
- Suka kuliner

 Marketing manager : Mengawasi dan mengontrol agar restaurant ini bias lebih menarik dan terkenal.

- Pendidikan minimal D3
- Pria / Wanita
- Pengalaman kerja 3 tahun
- Tegas, berwibawa, jujur

 Public Relationship : Mencari pelanggan dan membuat pelanggan tertarik dengan restaurant yang belum pernah dikenalnya ini.

- Pendidikan SMA / sederajat
- Pria / Wanita
- Umur maksimal 35 tahun
- Pengalaman kerja 2 tahun
- Kemampuan public speaking

d. Finance

 Cashier : Menghitung pembayaran para pelanggan.

- Pendidikan SMA
- Wanita
- Penampilan menarik
- Jujur

 Akuntan : Menghitung pendapatan per hari, perbulan serta per tahunnya juga menghitung pemasukan dan pengeluaran restaurant.

- Pendidikan minimal D1
- Teliti, jujur
- Menguasai software akuntan
- Pengalaman kerja 2 tahun

 Financial Manager : Mengawasi dan mengontrol agar keuangan restaurant dapat berjalan dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan.

- Pendidikan minimal D3 Akuntan
- Jujur
- Pengalaman kerja 3 tahun

 Manajer Restaurant : Mengawasi dan mengontrol keseluruhan kinerja restaurant serta bertanggung jawab atas perkembangan restaurant.

- Pendidikan minimal S1 manajemen
- Pengalaman kerja 5 tahun
- Umur maksimal 45 tahun
- Tegas, berwibawa

Production plan

1. Man :

• 15 orang bagian House Keeping yang terdiri dari :

- 6 orang bagian Cuci Piring
- 8 orang bagian Cleaning Service
- 1 orang Kepala HK

• 28 orang bagian food & beverage yang terdiri dari :

- 2 orang bagian Penyimpanan
- 12 orang bagian Pelayanan
- 3 orang bagian Delivery Service
- 5 orang Asisten Koki
- 1 orang Kepala Koki
- 1 orang Kepala Pelayan
- 2 orang bagian Purchaser
- 1 orang Kepala Food & Beverage
- 1 orang Service manager.

• 5 orang bagian Finance yang terdiri dari :

- 2 orang Kasir
- 1 orang Akuntan
- 1 orang Financial Manager
- 1 orang Manajer Restaurant

• 5 Orang bagian Marketing yang terdiri dari :

- 2 orang Surveyor
- 1 orang Marketing manager
- 2 orang bagian Public Relationship

2. Equipment

• Peralatan Kantor

- 2 Telephone
- 1 Komputer
- 6 set meja dan kursi kantor
- 4 lemari kantor
- 5 wardrobe

• Peralatan Dapur

- 2 set kompor restaurant
- 1 oven
- 1 set pemanggang
- 1 lemari es big size
- 3 set panci
- 20 lusin piring saji
- 20 lusin piring makan
- 2 lusin nampan
- 2 meja dapur
- 4 lemari dapur

• Peralatan Restaurant

- 20 Lampu 18 watt
- 10 Lampu 25 watt
- 20 Lampu sorot 20 watt
- 16 meja 1.5mx1.5m
- 20 meja lesehan
- 64 Kursi

• Peralatan Kebersihan

- 6 sapu
- 6 ekrak
- 15 tempat sampah
- 2 sapu lidi
- 2 tangga
- 4 pel
- 6 kemucing
- 4 pembersih kaca
- 12 galon cairan pembersih
- 12 galon cairan pel
- 3 sak majun

• Peralatan lainnya

- 20 Kipas Angin
- 1 Pompa Air
- 1 tangki air 500 liter
- 1 Generator 6000 watt

3. Failities

• 20 Gazebo
• 1 Dapur
• 3 Toilet
• Musik akustik dan Sound System
• 3 Motor untuk delivery service
• 20 wastafel.

4. Building : Luas lahan 1,5 ha , luas bangunan 500 m2.

5. Basic Capital : Join ourself, Loan from Bank, Investor / Sponsor.

Marketing plan

a.Product

O-Resto menyajikan menu makanan organic dengan kualitas bahan yang alami dan segar karena diambil langsung dari kebun sayuran dan buah. Kesegaran dan kealamiannya terjamin dengan didukung suasana sejuk area perkebunan yang berlokasi di Kalasan.
Dengan lahan seluas 1500m2 O-resto menyediakan dua jenis ruang. Yang pertama adalah ruang utama seluas 500m2 yang dapat digunakan untuk acara – acara besar. Sedangkan jenis kedua menawarkan suasana yang lebih santai dengan nuansa alam dengan lesehan di dalam gazebo.
Walaupun keduanya terkesan berbeda, tetapi kedua jenis ruang tersebut memiliki kesamaan yaitu suasana back to nature yang memberikan suasana alam terbuka bagi para pelanggan. Sehingga didalam mendesain tata ruang, resto ini akan memberikan space lahan yang cukup besar untuk pembangunan taman dengan suasana persawahan. Ditambah dengan melihat lingkungan disekitar O-Resto yang masih berupa lahan persawahan terbuka. Dengan melihat kondisi dan tata ruang yang akan dibuat, diharapkan konsumen dapat merasakan menikmati hidangan dengan kesan berada diruang terbuka hijau. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan merasa lebih nyaman dan dapat melepaskan kepenatan.

b.Price

Target pasar untuk resto ini adalah masyarakat menengah atas dan memiliki hobi kuliner. Meskipun ditujukan untuk masrakat menengah keatas, harga yang ditawarkan dalam resto ini bervariasi sesuai menu makanannya. Selain itu, resto ini akan menawarkan harga-harga paket pada even-even tertentu semisal, paket bulan ramadhan, paket hari besar keagamaan, paket merdeka ataupun paket untuk acara keluarga semisal ulang tahun. Selain itu, resto ini juga masih menawarkan pelayanan delivery. Untuk harga menu regular, rincian dapat dilihat pada lampiran.

c.Promotion

Grand launching O-Resto sebagai restoran berkonsep alam perkebunan diadakan dalam rangka media promosi awal yang menandakan secara resmi beroperasinya salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi.
Sarana periklanan lain yaitu pemasangan baliho di sepanjang jalan utama Klaten yang merupakan jalur penghubung antara 2 buah kota modern yaitu Solo dan Jogja. Selain itu, dalam bentuk brosur yang dibagikan dapat pula menjadi promosi yang efektif untuk menjadi top 10 of culinary spot.

d.Lokasi

• Dijalur utama Jogja – Solo km16,tepatnya didaerah Kalasan, Prambanan
• Luas daerah diperkirakan mencapai 1,5 hektar, guna membangun Gazebo yang mempercantik suasana dengan taman-taman khas yang membuat udara lebih segar
• Dengan ruang berupa 1 bangunan utama dan 20 Gazebo.